jump to navigation

Wanita Hamil September 26, 2010

Posted by liyak in kisah nyata.
2 comments

Dalam beberapa -bahkan- banyak kasus, wanita hamil punya kecenderungan lebih sensitif dan emosional.

Jika pasangan tidak tanggap, akibatnya terjadilah pertengkaran-pertengkaran nggak penting.

Bener nggak dua kalimat diatas? Hehehehe, lama nggak ngeblog ternyata nggak menjamin numpuknya ide-ide segar. Setidaknya, saya sudah berusaha membuat kalian yang sudi mampir disini untuk tidak cuma membaca postingan kadaluwarsa 😀

Iklan

Hidup meskipun Mati April 2, 2010

Posted by liyak in kisah nyata.
2 comments

” Yang paling tinggi derajatnya di kalangan manusia ialah yang namanya terkenal tetapi orangnya tidak dikenal”

tulisan tersebut ada dalam buku berjudul ” Hikmah dalam Humor Kisah dan Pepatah” jilid 1-6 karangan A Aziz Salim Basyarahil.

Mungkin yang dimaksud dengan “namanya terkenal” adalah karya atau sumbangsih.

Dalam hal ini, saya mengenal karya seseorang tapi tidak mengenal orangnya, ironisnya, saya mengenal orangnya setelah orangnya tiada.

Anggap saja saya kuper, tapi saya yakin i am not the only one.

Dulu, saat saya nulis postingan yang ini, Indonesia sedang gencar dengan gerakan Indonesia Unite yang berslogan “Kami Tidak Takut”

Temen-temen facebook ramai-ramai pasang profpic pin bertuliskan Indonesia Unite.

Saat itu, saya tak tau siapa pencetusnya.  Karena saya milih untuk nggak nonton tivi yang saat itu beritanya memilukan hati. Saya hanya ikut merasa tergetar jiwa dalam rasa perih bersama sekaligus berani dan optimis bahwa Indonesia akan tetap baik-baik saja.

Bulan berganti

Suatu hari home facebook saya penuh ucapan duka dari teman-teman kepada seorang teman yang baru kehilangan anaknya..

Entah mengapa, saya jadi mengikuti postingan teman yang sedang berduka kehilangan putranya tersebut…

Dan ketika saya tau siapa putranya yang telah meninggal itu….saya..”nggregel”

Betapa selama ini saya telah abai

Bapak yang kehilangan anak itu adalah Raden Hardjoeno…dan anaknya -putra tunggalnya- bernama Alexander Abimanyu – founder Indonesia Unite-

Keduanya tetangga sekota yang belum pernah saya temui di dunia nyata (menambah level ke-abai-an saya ya?)

Membaca tulisan-tulisan Alex, juga tulisan-tulisan tentang Alex di akun ayahnya…membuat saya tak percaya bahwa orang yang membuat tulisan-tulisan nasionalis dan romantis itu…orang yang dikenang akan keindahan jiwanya oleh istri dan teman-temannya melalui tulisan-tulisan penuh kehilangan itu…telah tiada..

Dan pada akhirnya dalam pandangan subyektif saya, dia adalah bukti nyata dari kalimat di awal tulisan saya ini

Selamat jalan Alex…beruntung sekali aku mengenalmu meski kau telah pergi…

alasan taqiyya takut mati April 2, 2010

Posted by liyak in cinta.
4 comments

Sore hari yang gerimis, saya sedang ngobrol sama suami

tiba-tiba krompyanggg!!!

suara benda pecah berderai

lalu disusul tangis panik Kia

yang tergopoh gopoh mendatangi saya sambil ‘ndremimil’ minta maaf dan nyesel dah ngejatuhin tivi

Suami saya menengok TKP.

Ternyata yang pecah hanya dua piring yang tadinya ada di dekat tivi.

Tivinya secara fisik utuh, meskipun tlah jatuh dari ketinggian 75 cm secara ‘krungkep’.

Dan setelah dicek, hanya ‘cenil’ on offnya saja yg mengalami disfungsi, yang berakibat untuk meng-on off-kannya langsung menggunakan kabel stop kontak.

Kia terus menangis terisak isak, menyesali tivinya rusak -saat itu dia berfikir begitu-.

Saya hanya memeluknya sambil berusaha menenangkannya karena dia sepertinya trauma sekali.

Setelah dia tenang, saya tanyakan kronologinya.

Kia : Tadi kan aku mau nutup jendela yang di belakang tivi, aku naik meja, tapi pas turun kesrimpet kabelnya, jadi tivinya jatuh

Saya : Trus kejatuhan?

Kia : Enggak

Saya : Kenapa nangis?

Kia :- terisak-isak- Kan aku takut kejatuhan tivinya Buk. Aku takut mati. Nanti kalo aku mati gimana? Kan Ibuk kalo mau ketemu aku jadi susah. Mbah Uti juga jadi nggak bisa ketemu aku.

Saya semakin erat memeluknya, terharu bahwa dia tak ingin mati bukan untuk dirinya sendiri melainkan agar orang-orang yang menyayanginya tak susah kehilangan dia.

Dia terisak-isak lagi…lalu berkata-kata lagi…

Kia : Aku tu takut mati Buk. Aku takut nggak bisa jawab pertanyaan malaikat. Di kuburan kan ntar ditanya-tanya. Padahal aku kan belum apal tebakannya..huhuhuhuhu….

-saya hanya bisa menahan rasa antara masgul dan ingin ngakak-

Kia….. Kia…….

Kuatir April 2, 2010

Posted by liyak in kisah nyata.
add a comment

dalam hidup, sering sekali kita merasa kuatir

kuatir kehujanan

kuatir kecopetan

kuatir sakit

kuatir ditipu

kuatir tidak lulus

kuatir kena potongan pajak

kuatir karyanya dijiplak

kuatir cerpen yang belon pernah dimuat di media jika diaplot di blog ntar di copas ama orang trus dikirimkan ke media denagan editing sempurna dan dimuat!!! 😀

maafkan saya Januari 12, 2010

Posted by liyak in pengakuan.
6 comments

di postingan sebelumnya saya meminta kalian menunggu cerpen2 saya di postingan berikutnya. tapi maaf, saya ingkar janji, karena cerpen2 tersebut mau saya ikutkan lomba menulis kumpulan cerpen  yang salah satu syaratnya menyertakan surat pernyataan bahwa cerpen2 tersebut belum pernah diterbitkan. jadi sekarang saya mohon doa kalian semua, agar saya dapat juara -paling enggak juara 3 deh…pliiiiisss-. ntar kalo menang, saya share deh….cerpennya. tapi kalopun kalah, insya Allah tetep akan saya terbitkan disini. intinya, saya hanya menunda menerbitkannya disini, agar saya nggak bohong saat nulis surat pernyataan itu.

maaf ya kalo postingan ini memuat kesan sok terkenal gitu. sungguh, saya hanya nggak enak udah ingkar janji.

heeeeeehhhhhhhh Desember 11, 2009

Posted by liyak in pengakuan.
6 comments

akhirnya bisa nulis lagi setelah saya kira karir saya sebage blogger berakhir……..

nggak tau kenapa kompi saya gak mau buka dashboard saya, padahal kalo saya buka sebage pengunjung semua lancar.

tapi ada satu masalah!

saat ini saya sedang nggak ada ide mau nulis apa. tadi cuma coba2 buka dashboard pake lappy temen dan berhasil.

emmm, gini aja, kapan2 kamu visit ke sini lagi, siapa tau saya udah ngupload cerpen2 jaman saya es em pe….

cukup worthed kok untuk dinanti 🙂

Jiwamu Lebih Kuat Memanggilku Oktober 30, 2009

Posted by liyak in puisi.
6 comments

Berat langkah saat berniat tinggalkanmu

Untuk mencari tempat dimana aku

bisa sembunyi dari rasa terluka dan cemburu

Ini jelas bukan masalah kepemilikan

Karena aku tak ingin memilikimu

Tapi apa yang bisa kulakukan

saat akal dan hati bertentangan dengan perbuatan

Aku sudah begitu jauh

Bahkan tadinya kupercaya tekadku tlah
sepenuh purnama

Namun dalam kesendirian

Kudengar hatimu memanggil

Jiwamu bahkan berteriak

Lalu apalagi yang bisa kulakukan kalau begitu?

selain berbalik arah melangkah pulang

karena kaulah rumahku

…………….bahkan persetan jika ternyata panggilanmu itu hanya halusinasiku!

Sedang Gembira Oktober 30, 2009

Posted by liyak in pengakuan.
4 comments

(tolong bayangin disini ada gambar gadis 14 tahun yang sedang tersipu karena hatinya berbunga-bunga ya, mau saya upload foto say,takutnya ngerusak imajinasimu)

Cobaan Atau Solusi? Oktober 29, 2009

Posted by liyak in cinta.
7 comments

Di postingan sebelumnya, saya bercerita tentang teman yang berada dalam keadaan jatuh cinta tapi jelas gak mungkin menuntut orang yang menjatuhkan cintanya.

Kali ini saya masih akan ngomongin cinta.

Beberapa bulan yang lalu, teman saya yang laen nangis2 curhat tentang kelakuan suaminya yang keterlaluan. Tak perlu saya ceritakan si suami ngapain aja, tapi jika perempuan tangguh sampe nangis2 putus asa, kita bisa membayangkan hal2 buruk hingga paling buruk yang bisa dilakukan oleh suami pada istrinya.

Na! Minggu lalu dia telpon saya lagi. Kali ini sambil ketawa-ketiwi.

Usut punya usut, dia ketemu dengan para tetangga di kampung halamannya dulu di sebuah situs jejaring sosial.

Yang bikin dia sumringah, salah satu tetangga itu menyatakan bahwa dia dari dulu mencintai teman saya itu, hanya dulu belum punya ‘modal’ untuk mengatakan.

” Bilangnya kok ya sekarang to…kalo gini aku kan jadi bingung Liy…bener2 cobaan nih” katanya masgul. Dan entah kenapa, saat itu saya langsung menimpali  ” Hey! Siapa tau itu solusi!”

Dan kami berdua ngakak.

I’m Blessed To Love You, and I’m Blessed More When You don’t Love Me In Return Oktober 24, 2009

Posted by liyak in cinta.
13 comments

” Nggak kebalik?”tanya saya ” biasanya kan I’m blessed to be loved by you”

Teman saya yang wajahnya tak lebih cantik dari saya itu tersenyum.

” Dalam kasusku, sama sekali nggak kebalik. Andai bukan dia yang kucintai,bisa jadi saat ini aku sudah mempermalukan diri dengan mengatakan padanya. Tapi untungnya dia adalah sosok yang mengagumkan, yang melihatnya dari jauhpun aku sudah tak sanggup mengucap sepatah kata…hai sekalipun! Sungguh bila ditawari, aku tidak ingin jatuh cinta lagi….tapi hati bukanlah dibawah penguasaanku. Kalo ditanya, aku juga gak tau kok, kenapa bisa cinta dia. Kuharap sih ini bukan cinta, hanya perasaan sesaat yang segera hilang…tapi kok nyatanya sampe berbulan-bulan gini ya ” keluhnya.

Saya gak bisa kasih saran ke teman baik saya ini. Kasus cinta bukan keahlian saya. Paling kalo dia cerita, saya dengerin, tapi kalo dia udah mulai hanyut, saya mencoba menyetopnya dengan bercanda.

Dia memang seharusnya sudah tidak boleh jatuh cinta lagi kecuali pada suaminya. Tapi memang benar katanya : hati bukan kita yang menguasai. Yang saya kagumi dari teman saya ini, dia benar2 berusaha untuk meredam perasaannya. Itu saya tau dari diamnya kalo saya yang mendahului tanya tentang hal itu. “Ngomongin hal laen yuk” katanya. Gak bisa bayangin tersiksanya. Nyatanya kadang dia keceplosan juga ngomong perasaannya ke saya, dan saya cukup bijaksana untuk tidak mengolok-oloknya.

Pernah saya tanya, “orangnya tau gak kalo kamu seneng dia”

” I’m sure he knew” jawabnya ” Cinta kan kayak duren, makannya kemaren..masih aja kecium baunya pas sendawa besok” hehehe metafora yang aneh.

“Trus dia bilang apa?” selidik saya

” Ya gak bilang apa-apa. Cuma dari bahasa tubuhnya aku tau dia tau. Dan itu lebih dari cukup, karena seharusnya dia gak boleh tau”

“Trus perasaan dia ke kamu? ”

Dia diem lama…sambil tersenyum tipis dia menjawab

” Dia cinta orang laen. Dan you know what? I feel I’m blessed more when he doesn’t love me in return”

Bener-bener aneh! Tapi saya mengerti. Kalo orang yang dicintainya itu balas mencintainya, tentu sulit sekali bertahan dari godaan selingkuh. Pasti temen saya tak bisa memaafkan dirinya sendiri kelak.

“I’m blessed to be your friend” kata saya tak bisa berkata lain.

” You should be” jawabnya menyebalkan!

ps : nulis ini sudah seijin dia.